Home Uncategorized SEBELUM TINGGAL DI KOREA PERHATIKAN HAL BERIKUT INI
Uncategorized

SEBELUM TINGGAL DI KOREA PERHATIKAN HAL BERIKUT INI

Gelombang Korea atau ‘hallyu’ dalam bahasa Korea menerpa dunia beberapatahun belakangan ini. Dari K-Drama hingga K-pop menjadi tren di berbagai belahan dunia. Bukan itu saja, Korea Selatan mengalami pertumbuhan industri yang pesat dalam dekade terakhir, membuat ekonomi mereka lebih besar, lebih stabil, dan lebih menarik bagi orang asing. Banyak hal yang bikin Korea Selatan jadi tujuan utama wisata orang Indonesia. Korea Selatan akir-akhir ini menjadi sorotan traveler indonesia untuk tujuan wisata. Banyak sekali anak muda Indonesia berbondong-bondong ke Korea Selatan demi bisa melihat langsung tempat wisata romantis yang sering nongol di Drama Korea. Korea selatan menjadi pusat bagi warga negara asing karena memberikan kesempatan kerja dan undang-undang imigrasi yang loebih baru. Semakin mudah untuk mendapatkan visa kerja di Korea Selatan, yang berarti lebih mudahuntuk memenuhi persyaratam proses kewarganwgaraan.

Menjadi warga negara Korea Selatan tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan. Perlu proses yang panjangan dan dedikasi yang kuat untuk melakukannya. Jika anda sudah siap untuk itu, berikut hal-hal yang perlu anda ketahui dan bagaimana caranya menjadi watga negara Korea Selatan.

Perbedaan Antara Penduduk Warga Negara Korea Selatan

Penduduk Korea Selatan adalah warga negara Korea Selatan dan orang asing yang bertempat tinggal di Korea Selatan. Sedangkan earga negara Korea adalah orang yang secara hukum meruoakan anggota dari negara Korea Selatan. Setiap orang yang menjadi penduduk Korea Selatan harus memiliki izin dalam bentuk visa penduduk permanen. Memperoleh kewarganegaraan Korea Selatan cukup sulit. Dengan demikian, tampaknya lebig mudah untuk tinggal di negara itu dengan visa penduduk permanen. Ada sejumlah pembatasan dan ketidaknyamanan yang datang dengan memegang Sertifikan Pendaftaran Orang Asing yang dapat membuat proses aplikasi kewarganegaraan menjadi panjang.

  1. Mengawali pembicaraan dengan kata ‘Annyeong Haseyo’

Kalaukamu sedang tersesat tau bingung, coba untuk mengawali pertanyaan atau perbincanganmu dengan kata ‘Annyeong Haseyo’. Biasanya, orang Korea akan lebih welcome dengan turis yang mengawali pembicaraaan dengan kata ini ketimbang ‘Excuse me’.

  1. Sulit mencari makanan halal

Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritasnya beragama Islam diwajiblan untuk menyantap makan yang hanya  dihalalakan saja oleh agama. Sedangkan di Korea Selatan restorang yang menyajikan makanan halal sangat sedikit. Sehingga, apabila anda beraga Islam dan pergi ke Korea Selatan harus sedikit bersabar mencari makanan. Makanan halal yang adan si Korea Selatan memiliki harga yang sangat mahal karena langkanya makanan yang tersebut. Sebagai umat Islam,anda harus teliti dahulu membaca kandungan makanan yang biasanya tertera di kemasan produk makanan tersebut. Kebanyakan makanan yang ada di Korea Selatam mengandung minyak atau dagingf babi yang tidak bisa dimakan oleh penganut agama Islam.

  1. Jangan salah antre bus di sembarang halte

Naik bus di Korea cukup rumit, tapi kamu bisa irit kalau naik bus. Di Korea Selatan semua bis akan berhenti di halte yang memajang nomor bus tersebut. Jasi, lebih teliti dan waspada saat menaiki bus di Korea.

  1. Bahasa korea memiliki beberapa tingkatan

Tingkatan atau level yang terdapat dalam bahasa Korea contohnya terdiri atas bahasa formal, kasual, dan santai. Jika anda tidak mengerti bahasa Korea, diharapkan untuk berhati-hati mengucapkan suatu ungkapan yang berbahasa korea terhadap lawan bicara anda yang berasal dari Korea.

Author

berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *